Gangguan Tiroid

Hipotiroidisme adalah istilah yang mengacu pada simtoma menurunnya sintesis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid. Pada umumnya, penyebab hipotiroidisme adalah kurangnya asupan gizi berupa iodina atau yodium. Pada halaman ini Anda akan mengenal lebih lanjut seputar bagaimana penyakit tiroid (Hipotiroidisme) bisa ditangani dengan benar.

gangguan tiroid pada wanita
gangguan tiroid pada wanita

Hipotiroidisme (Kekurangan Tiroid)

Kelenjar tiroid atau kelenjar gondok adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher bagian bawah. Kelenjar ini membantu mengontrol suhu tubuh, detak jantung, tekanan darah, dan jumlah makanan yang diubah menjadi energi.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid melepaskan T4 (hormon tiroid yang masih dalam penyimpanan), untuk kemudian diubah menjadi T3 yang merupakan wujud aktif dari hormon tersebut.

Ketika jumlah tiroid yang dihasilkan kurang optimal akan menyebabkan hipotiroidisme (kekurangan tiroid), yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan metabolisme.

Metabolisme dalam tubuh kita mengontrol laju reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Jika metabolisme rendah, maka reaksi antar sel akan menjadi lamban dan orang yang bersangkutan sering merasa menjadi lebih lamban.

Karena hormon tiroid sangat penting untuk keberlangsungan fungsi setiap sel yang ada dalam tubuh, kekurangan tiroid akan menimbulkan berbagai gejala. Bberapa tanda-tanda dan gejala yang terjadi, bisa dilihat dibawah ini.

pengobatan gangguan kelenjar tiroid
Gangguan Kelenjar Tiroid (Kelenjar Tiroid Membengkak)

Tanda-Tanda & Gejala Penyakit / Gangguan Tiroid

Rasa lelah Sering mengantuk
Lesu Rambut kering
Kulit kering Rambut rontok
Merasa kedinginan Berat badan bertambah dan sulit turun
Kaki dan tangan terasa dingin Daya ingat rendah
Sulit berkonsentrasi Sering lupa
Cara berpikir yang lambat Nyeri sendi
Konstipasi Depresi
Lemah Selera makan menurun
Haid tidak teratur Masalah kesuburan
Sering mengalami infeksi Sakit kepala
Peningkatan jumlah kolesterol Kuku rapuh
Penurunan alis Rambut rontok
Suara menjadi parau Kaki dan tangan bengkak

T : Bagaimana Cara Mengecek Hormon Tiroid ?
J : Bila Anda ingin melakukan pengecekan, Anda bisa mencoba melalui pengambilan darah. Para dokter biasa menyebutnya dengan pengecekan FTI. Pemeriksaan kadar T3, T4, FTI, Free T3, Free T4, dan TSH dilakukan dengan metoda ELISA.

T : Saya Mengalami Gejala Kekurangan Tiroid, tapi hasil cek Normal, apakah Saya Mengalami Kekurangan Tiroid ?
J : Hal ini memang sering terjadi. Namun dengan tenaga medis yang berpengalaman dan  metode pengobatan yang berbeda, Anda akan mendapatkan  informasi dan layanan terpadu terkait dengan pengecekan kekurangan tiroid tersebut. Biasanya, pasien yang mengalami gangguan tiroid akan dirujuk untuk mendapatkan pengencekan hormon tiroid dan antibodi tiroid

T : Apakah Saya Mengalami Kekurangan Tiroid Meski Hasil Laboratorium Saya Normal ?
J : Ya, beberapa orang mengalami banyak gejala kekurangan tiroid dan hasil lab akan mengungkap jumlah tiroid yang berada di batas minimum normal. Seringkali mereka baru merasa lebih baik ketika jumlah tiroid ditingkatkan hingga mencapai kisaran normal yang optimal.

T : Bagaimana Iodine mempengaruhi Tiroid Saya?
J : Hormon Tiroid T3 dan T4 memiliki keterikatan dengan iodine sebagai bagian dari struktur kimia mereka.

T : Apakah Iodine Mempengaruhi Tiroid Seseorang ?
J : Ya,kekurangan iodine yang terlihat jelas jarang sering ditemukan di  Indonesia, akan tetapi yang sering terjadi orang-orang memiliki jumlah iodine lebih rendah dari kisaran normal dan mereka merasa lebih baik ketika diberikan suplemen iodine untuk mencapai jumlah wajar iodine yang cukup/maksimal.

T : Adakah Tes Laboratorium Untuk Melakukan Cek Jumlah Iodine Yang Rendah?
J : Ya, melalui pengecekan air seni, kami dapat mengetahui apakah jumlah iodine anda optimal atau dibawah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *